Thursday, October 7, 2010

Tambahan Plus Minus Dari Windows, Mac, dan Linux


Operating sistem sekarang ini sudah termasuk pesat, namun semuanya belum bisa dibilang ada yang sempurna (subjektif). Berikut adalah plus dan minus dari sebuah Operating Sistem. Ini berdasarkan pendapat pribadi (subjektif) tidak ada maksud untuku melebih2kan atau mengurang2i yang ada.
1. Windows
Plusnya:
OS ini sangat user friendly, banyak digunakan oleh user diseluruh dunia, dukungan aplikasi pihak ke3 berlimpah, dukungan hardware juga komplit, mudah untuk melakukan instalasi. Harga sesuai dengan kemudahan yang ditawarkan. Terdapat aplikasi software pihak ke3 dari komunitas open source.
Minusnya:
Dalam berbisnis pasti ada yang pro dan kontra, yang kontra pasti akan berusaha bagaimana caranya menjatuhkan lawannya. Karena itu kita sering mendengar banyaknya virus di OS ini. Dan memang OS ini paling rentan terhadap virus.
Walaupun harga yang ditawarkan sesuai dengan kemudahan, namun aplikasi standar OS ini ternyata masih belum mampu untuk menjalani aktifitas kantor atau bisnis.
Dilarang mengutek2 OS ataupun merubah sak udele dewe.
Aplikasi pihak ke 3 memiliki harga berlipat2 dari harga OS itu sendiri.
Setiap rilis terbaru menuntut spesifikasi komputer yang lebih tinggi.
Tiap rilis versi baru, kompabilitas terhadap aplikasi lama mengalami penurunan, ataupun menuntut developer aplikasi untuk merilis versi baru ke windows yang baru pula
Instalasi hardware yang membutuhkan cd installer. dan umumnya tidak autodetect.
Program aplikasi bajakan berlimpah namun dapat menjerat anda ke hukum , serta software mengandung banyak trojan, virus, dll.
Tampilan layar dari jaman dahulu gak ada yang berubah identitasnya itu2 melulu ciri khasnya..
Yang terakhir, intinya MAHAL.
2. Mac/Apple
Plus:
OSnya kelas atas (ya kebanyakan banyak yang bilang begitu), tampilan menawan, bisa bikin gengsi, relatif bebas virus, dukungan APlikasi pihak ke 3 dan hardware hampir sama dengan windows. Juga didukung berbagai macam aplikasi open source.
Minus:
Harga yang bikin orang biasa jadi pusing 7 keliling. Bahkan lebih mahal dari OS diatas.
Gak bisa ngutek2 OS semaunya sendiri
Aplikasi standar dan games juga ada yang belum kompatibel.
Memang tampilan bagus. tapi tetap saja terlalu monoton tidak ada efek yang menarik.
3. LINUX
Plus:
Ini bisa disebut OSnya wong cilik, ya harganya boleh dibilang cuman bayar tukang pos ataupun bayar tukang burn itupun gak lebih dari 10ribu rupiah. Dukungan Hardware rata-rata autodetect, tampilan lebih menawan dibanding diatas karena Linux adalah yang pertama mengenalkan desktop 3Dimensi, tuntutan hardware yang ringan, dukungan aplikasi opensource lebih komplit dibanding diatas. Tampilan yang tidak monoton bisa diubah2 sesuai tuntutan hati. Umumnya sekali install OS ini siap untuk kebutuhan kerja dan aktifitas sehari2. Paket installer yang mudah. Bebas virus. Aplikasi windows masih bisa dijalankan di linux. Bisa ngutek sampai sistem yang paling dalam dan itu legal.
Minusnya:
Banyaknya pilihan distro yang kadang membuat orang bingung memilih distro yang mana.
Dukungan Hardware sudah sangat lengkap namun bila dibanding dengan windows, beberapa hardware seperti printer scanner webcam masih ada yang belum kompatibel dengan linux.
Aplikasi windows ada beberapa yang belum kompatibel dengan linux.
Butuh internet untuk update software ataupun menginstall software, jadi kasian yang belum punya internet. Namun itu juga tidak syarat mutlak menggunakan linux, dengan membeli repositori semuanya bisa dilakukan dengan offline.
Dengan plusnya linux harusnya harga yang ditawarkan Sistem OS linux melebihi ke Dua OS diatas.

0 comments: